Strategi Coping Stress dalam Menghadapi Pandemi: Pengabdian Masyarakat LPPM UTM



Maduramu.com - Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi seperti  sekarang ini . Banyak faktor yang membuat kita semakin khawatir dan merasa cemas. Pemberitaan mengenai covid-19 yang terus menerus dan simpang siur membuat semakin khawatir. Ditambah berita-berita hoax yang kerap kali muncul membuat kita kebingungan akan informasi yang sebenarnya.

Melihat keresahan yang terjadi , Mia Ainisyah, mahasiswa KKN LPPM Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dari Prodi Psikologi membuat video edukasi mengenai strategi coping stress dalam menghadapi pandemi covid-19.

Video itu dipublikasikan di sosial media seperti grup whatsapp, instagram dan youtube. Sasaran masyarakat yang ditujukan yakni masyarakat Desa Pabean Kecamatan Sedati. 

Dalam pemaparannya, Mahasiswa di bawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Eka Oktavianingsih, S.Pd., M.Pd mengatakan pentingnya menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat dengan meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman dan rekan kerja, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call.

"Menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yg dirasakan. Akan mengurangi tekanan yg dirasakan sehingga perasaan bisa lebih tenang di masa pandemi ini," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana perilaku yang bijak dalam menerima informasi.

"Batasi waktu menonton, membaca aau mendengar berita mengenai pandemi, baik melalui televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas. Tapi, tidak  menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Pilah info yg diterima secara kritis dan bijak. Cari sumber yang dapat dipercaya agar terhindar dari hoax," tegasnya.

Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat lebih memahami hal-hal apa yang perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak psikis ditengan pandemi Covid-19. Dengan adanya video ini, masyarakat Desa Pabean, terutama di lingkungan RW 21 merasa terbantu mengurangi dampak psikis yang dialami, antusiasme masyarakat juga tinggi dengan sering merespon atau bertanya mengenai apa hal yang perlu mereka lakukan ketika sedang mengalami stress ditengah pandemi. 

loading...

Post a Comment

0 Comments